Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Inklusi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI pada sekolah inklusi di SMP IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga pada tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B dan VIII B yang berjumlah 62 orang termasuk peserta didik berkebutuhan khusus tunadaksa dan kesulitan belajar (slow learner). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan korelasional. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data atau informasi menggunakan angket/lembar kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis korelasi product moment yang dibantu dengan program aplikasi SPSS versi 25.00. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru PAI yang masuk kategori sangat rendah sebesar 3,2%, kategori rendah sebesar 27,9%, kategori sedang sebesar 48,4% dan kategori tinggi sebesar 20,9%. Motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI yang masuk kategori sangat rendah sebesar 27,4%, kategori rendah sebesar 27,4%, kategori sedang sebesar 33,9% dan kategori tinggi sebesar 11,3%. Hubungan kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran PAI berdasarkan perhitungan korelasi menyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan nilai > r tabel sebesar 0,495 > 0,244. Menunjukan bahwa hubungan kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI mempunyai korelasi positif yang sedang dan signifikan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.