Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Inklusi

  • Suliwati Suliwati Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga Jawa Tengah, Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kompetensi  pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI pada sekolah inklusi di SMP IT Nidaul Hikmah Kota Salatiga pada tahun ajaran 2018/2019. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B dan VIII B yang berjumlah 62 orang termasuk peserta didik berkebutuhan khusus tunadaksa dan kesulitan belajar (slow learner). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif pendekatan korelasional. Metode yang digunakan untuk mendapatkan data atau informasi menggunakan angket/lembar kuesioner. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskriptif dan analisis uji hipotesis korelasi product moment yang dibantu dengan program aplikasi SPSS versi 25.00. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kompetensi pedagogik guru PAI  yang masuk kategori sangat rendah sebesar 3,2%, kategori rendah sebesar 27,9%, kategori sedang sebesar 48,4% dan kategori tinggi sebesar 20,9%. Motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI yang masuk kategori sangat rendah sebesar 27,4%, kategori rendah sebesar 27,4%, kategori sedang sebesar 33,9% dan kategori tinggi sebesar 11,3%. Hubungan kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar dalam mata pelajaran PAI berdasarkan perhitungan korelasi menyatakan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima dengan nilai  > tabel sebesar 0,495 > 0,244. Menunjukan bahwa hubungan kompetensi pedagogik guru PAI dengan motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran PAI mempunyai korelasi positif yang sedang dan signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-20
How to Cite
SULIWATI, Suliwati. Korelasi Kompetensi Pedagogik Guru PAI dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Inklusi. Syntax Idea, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 406-414, feb. 2021. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/939>. Date accessed: 26 feb. 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v3i2.939.