Analisis Knowledge Management Maturity Level Dengan Metode Siemens Maturity Level (Studi Kasus : STIMIKESQ)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kematangan (maturity level) knowledge management di program studi Sistem Informasi STIMIK ESQ dan pengaruh tingkat kematangan (maturity level) terhadap penciptaan pengetahuan baru di program studi Sistem Informasi STIMIK ESQ. Penelitian ini menggunakan pendekatan Siemens Maturity Model dalam pengukurannya. Dalam hal ini dilakukan penelitian terhadap 21 informan yaitu 5 informan dosen dan 16 informan mahasiswa dengan 2 informan yang tidak valid. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sebanyak 60% matakuliah melakukan pembelajaran melalui practical and case study, hanya 80% SAP yang diajarkan, mahasiswa yang mereview materi perkuliahan sebanyak 13,3% dan sebanyak 73,3% baru mereview materi menjelang assessment atau ujian akhir sedangkan 13,3% mahasiswa yang mencari materi perkuliahan selain yang diajarkan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kematangan knowledge management di STIMIK ESQ berada di level repeated sehingga dalam hal ini belum terciptanya pengetahuan di STIMIK ESQ tersebut. Namun terdapat penciptaan pengetahuan di matakuliah tecnopreneur yang didapat melalui proses experience learning dan exploring.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.