Analisis Iklan, Brand Image, Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan Meningkatkan Tingkat Hunian (Studi Kasus Hotel Grand Dian Brebes)

  • Dumadi Dumadi

Abstract

Industri jasa perhotelan di Kabupaten Brebes sangat banyak, hal ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat dan mendorong pihak manajemen hotel mencari cara agar dapat menarik konsumen dengan mengetahui bagaimana perilaku konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan terhadap brand image hotel, untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap tingkat hunian kamar hotel, untuk menganalisis pengaruh harga terhadap tingkat hunian kamar hotel, untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap tingkat hunian kamar hotel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1). Iklan berpengaruh positif terhadap brand image hotel diterima. (2). Brand image berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar hotel diterima.(3). Harga berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar hotel diterima.  (4). Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan diterima. (5). Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar hotel diterima. (6) Dan adanya pengaruh tidak langsung pada variabel iklan dan kualitas layanan terhadap tingkat hunian kamar hotel.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-11-24
Section
Articles