Analisis Iklan, Brand Image, Harga, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan Meningkatkan Tingkat Hunian (Studi Kasus Hotel Grand Dian Brebes)
Abstract
Industri jasa perhotelan di Kabupaten Brebes sangat banyak, hal ini menyebabkan persaingan yang sangat ketat dan mendorong pihak manajemen hotel mencari cara agar dapat menarik konsumen dengan mengetahui bagaimana perilaku konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh iklan terhadap brand image hotel, untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap tingkat hunian kamar hotel, untuk menganalisis pengaruh harga terhadap tingkat hunian kamar hotel, untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan pelanggan dan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap tingkat hunian kamar hotel. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 110 responden, teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan SEM. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1). Iklan berpengaruh positif terhadap brand image hotel diterima. (2). Brand image berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar hotel diterima.(3). Harga berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar hotel diterima. (4). Kualitas layanan berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan diterima. (5). Kepuasan pelanggan berpengaruh positif terhadap tingkat hunian kamar hotel diterima. (6) Dan adanya pengaruh tidak langsung pada variabel iklan dan kualitas layanan terhadap tingkat hunian kamar hotel.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.