Fitur Ideal dalam E-Learning Bagi Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Upaya untuk mencegah penyebaran pandemi, perguruan tinggi di Indonesia mengalihkan sistem perkuliahan menjadi pembelajaran dalam jaringan. Banyak platform digital yang dapat mendukung dalam kegiatan belajar mengajar secara online, namun masih banyak ditemukan kendala. Kekurangan pada platform e-learning menjadi topik menarik untuk dibahas. Penelitian ini merancang fitur ideal yang membantu mahasiswa memudahkan pembelajaran secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan faktor penghambat jalannya proses perkuliahan daring bagi Mahasiswa UNESA dan mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi berbasis ICT (Information and Communication Technology). Metode yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dengan teknik sampel nonprobabilitas. Subjek penelitian adalah mahasiswa aktif UNESA angkatan 2018 dan 2019 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan penelitian survei deskriptif berupa kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperlukan fitur ideal yang memuat presensi online, video tutorial praktik, sumber literatur, pengunggahan tugas tanpa batas ukuran data, web meeting yang praktis, fitur diskusi/chat dan share, fitur diskusi/chat yang ramah untuk simbol matematika. Fitur-fitur inilah yang menjadi kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran daring sehingga diperlukan pengembangan fitur e-learning khusus untuk menunjang proses kegiatan perkuliahan selama pandemi ini.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.