Pengaruh Persepsi Kualitas, Persepsi Harga dan Reputasi Toko terhadap Niat Beli dan Perilaku Beli Konsumen Di Retail Modern
Abstract
Tujuan ini untuk melihat apakah apakah toko persepsi kualitas, toko persepsi harga, reputasi toko, berpengaruh positif niat beli konsumen Indomaret dan untuk melihat apakah niat beli berpengaruh positif terhadap perilaku beli konsumen Indomaret. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian survei. Penelitian dilakukan di wilayah yogyakarta pada konsumen yang sudah pernah melakukan pembelian di indomaret yogyakarta. Variabel independen berupa kualitas persepsi merek, harga persepsi merek, reputasi toko. Variabel dependen berupa niat beli dan perilaku beli. Teknik data yang digunakan dengan menggunakan kuesioner atau angket. Hasil pengujian menunjukkan H1 diterima yaitu perceived brand quality berpengaruh positif terhadap niat beli, H2 diterima bahwa perceived brand price berpengaruh positif terhadap niat beli, H3 diterima bahwa reputasi store berpengaruh positif terhadap niat beli, H4 diterima artinya niat beli berpengaruh positif terhadap perilaku beli konsumen. Berdasarkan penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, maka kesimpulan yang bisa diambil sebagai berikut: (1) kualitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini berarti semakin tinggi percieved brand quality maka niat beli juga akan meningkat. (2) harga merek yang dipercaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini berarti bahwa peningkatan harga merek akan meningkatkan niat beli. (3) reputasi toko berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Hal ini berarti semakin tinggi reputasi toko maka niat beli juga akan meningkat. (4) niat beli berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku beli. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi niat beli maka perilaku beli konsumen juga akan meningkat.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.