Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Media Power Point Tema 4 Sehat Itu Penting Kelas V SD Negeri MNS COT Laweueng
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan Media Power Point pada tema 4 Sehat Itu Penting dengan kerja kelompok, sebagai suatu upaya perbaikan dan peningkatan proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dengan mengikuti prosedur penelitian berdasarkan pada prinsip yang mencakup kegiatan perencanaan (planning), tindakan (action), observasi (observation), refleksi (reflection) atau evaluasi. berdasarkan distribusi data tentang aktifitas siswa dalam pembelajaran Tema 4 Sub 1 pada siklus I, ternyata yang dari 4 aspek aktifitas siswa yang di amati hanya aspek mencatat melebihi yang melebihi indikator. Aktifitas yang lainnya belum berhasil mencapai indikator, tetapi sudah terjadi peningkatan. Berdasarkan distribusi data tentang aktifitas siswa dalam pembelajaran Sejarah hal ini dapat dilihat dari rata-rata peningkatan aktifitas siswa siklus I seperti berikut: Rata-rata peningkatan persentase siswa untuk bertanya yakni 8 orang (40%), rata-rata persentase peningkatan aspek menjawab 6 orang (30%), Mencatat rata-rata persentase 7 orang (35%), dan rata-rata peningkatan persentase memberikan saran 1 orang (5%). Dilihat dari seluruh aspek aktifitas siswa pada siklus I secara total persentase aktifitas siswa baru mencapai 27,5 % berarti belum memenuhi indikator keberhasilan, sehingga perlu dilanjutkan siklus II.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.