Kolaborasi Model Discovery Learning dan Peta Konsep dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pengantar Ekonomi Bisnis Di SMKN 1 Singkep

  • Sri Kartini SMK Negeri 1 Singkep Kabupaten Lingga Kepulauan Riau, Indonesia
Keywords: Discovery Learning, peta konsep, minat, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujun  untuk mengetahui efektifitas implementasi kolaborasi model discovery learning berbantuan peta konsep dalam  meningkatkan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis  peserta didik kelas xi  perbankan  semester ganjil smk negeri 1 singkep kabupaten lingga tahun 2018/2019. melalui model pembelajaran discovery learning dan peta konsep peserta didik belajar mandiri untuk menemukan  konsep  yang saling berkaitan satu sama lainnya. saling memberi dukungan pada setiap anggota dalam kelompoknya  sehingga dapat memunculkan rasa percaya diri. harapannya bila peserta didik telah menyelesaikan suatu konsep dari materi pelajaran yang akan dipelajari dan menyusunnya  dalam suatu peta konsep serta menggunakannya dalam proses pembelajaran dengan menjelaskan ke teman lainnya, maka ia telah berusaha menguasai konsep-konsep yang dipelajari itu saling berkaitan sehingga dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep tersebut dan dengan sendirinya akan timbul kebermaknaan dari pelajaran itu. penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dengan 2 siklus. dari hasil penelitian diperoleh nilai ulangan yang diperoleh siswa pada siklus ke satu jumlah siswa yang tuntas 55,56 tidak tuntas 44,44 dengan nilai rata-rata 75. pada siklus ke dua jumlah siswa yang tuntas 100 tidak tuntas 0 dan nilai rata-rata 84,44. dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-20
Section
Articles