Kolaborasi Model Discovery Learning dan Peta Konsep dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pengantar Ekonomi Bisnis Di SMKN 1 Singkep
Abstract
Penelitian ini bertujun untuk mengetahui efektifitas implementasi kolaborasi model discovery learning berbantuan peta konsep dalam meningkatkan hasil belajar pengantar ekonomi bisnis peserta didik kelas xi perbankan semester ganjil smk negeri 1 singkep kabupaten lingga tahun 2018/2019. melalui model pembelajaran discovery learning dan peta konsep peserta didik belajar mandiri untuk menemukan konsep yang saling berkaitan satu sama lainnya. saling memberi dukungan pada setiap anggota dalam kelompoknya sehingga dapat memunculkan rasa percaya diri. harapannya bila peserta didik telah menyelesaikan suatu konsep dari materi pelajaran yang akan dipelajari dan menyusunnya dalam suatu peta konsep serta menggunakannya dalam proses pembelajaran dengan menjelaskan ke teman lainnya, maka ia telah berusaha menguasai konsep-konsep yang dipelajari itu saling berkaitan sehingga dapat membantu peserta didik untuk memahami konsep tersebut dan dengan sendirinya akan timbul kebermaknaan dari pelajaran itu. penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dengan dengan 2 siklus. dari hasil penelitian diperoleh nilai ulangan yang diperoleh siswa pada siklus ke satu jumlah siswa yang tuntas 55,56 tidak tuntas 44,44 dengan nilai rata-rata 75. pada siklus ke dua jumlah siswa yang tuntas 100 tidak tuntas 0 dan nilai rata-rata 84,44. dengan demikian terdapat peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.