Implementasi Konstruktivisme dalam kegiatan library user education di Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi

  • Mahdianto Mahdianto Universitas Jambi
  • Yundi Fitrah Universitas Jambi
  • Ade Kusuma Universitas Jambi
  • Bunga Ayu Wulandari Universitas Jambi
Keywords: Konstruktivisme, Perpustakaan, Pengalaman

Abstract

Konstruktivisme adalah sebuah teori pembelajaran yang menekankan bahwa pengetahuan dibangun oleh individu melalui pengalaman dan interaksi dengan lingkungan, bukan sekadar diperoleh secara pasif dari pengajaran. Keterlibatan aktif peserta Library User Education berpengaruh dalam proses konstruktivisme. Library User Education dari prespektif konstruktivisme memiliki tujuan untuk memberikan user atau pemustaka dalam memahami konsep dan juga praktik kegiatan dalam penggunaan perpustakaan. Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana efektivitas pendidikan pengguna perpustakaan dengan menggunakan teori pembelajaran konstruktivisme, diukur pre-test dan post-test pada peserta didik di UPT Perpustakaan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran konstruktivisme pada Library User Education UPT Perpustakaan Universitas Jambi. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pre-test sebesar 54, dan post-test sebesar 81,05, yang menunjukkan bahwa pembelajaran statistika efektif dalam mencapai tujuan, dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar yang signifikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-15
Section
Articles