Pemanfaatan E-Book Sebagai Bahan Ajar pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satu Atap 6 Menthobi Raya Kabupaten Lamandau

  • Zaenal Mustofa Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
  • Lukman Hakim Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya
Keywords: Pemanfaatan, E-book, Bahan Ajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan, menganalisis pemanfaatan e-book berikut kendala dalam yang di hadapi dalam pemanfaatan e-book  di SMP Negeri Satu Atap 6 Menthobi Raya Kabupaten Lamandau pada bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan data reduction, data display dan conclusions drawing/ verifying, sedangkan pengabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil temuan penelitian yaitu, 1) Pemanfaatan e-book memberikan dampak positif, yakni guru mampu menggunakan e-book dengan cara yang efektif, seperti melalui LCD proyektor dan distribusi digital melalui grup WhatsApp, yang meningkatkan interaktivitas dan fleksibilitas dalam proses pembelajaran serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, modern, dan kondusif. Dari perspektif siswa, penggunaan e-book mampu meningkatkan motivasi belajar dan lebih produktif dalam penggunaan gadget, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Kendala pemanfaatan e-book disebabkan oleh faktor faktor internal mencakup kurangnya perhatian dan partisipasi aktif siswa dalam diskusi, keberanian yang rendah untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, serta ketidakdisiplinan dalam mengumpulkan tugas atau mengunggah hasil kerja. Sementara itu, faktor eksternal meliputi keterbatasan akses internet, jaringan internet yang lambat, ketiadaan smartphone pada beberapa siswa, dan ketidaknyamanan guru dalam mengadopsi model pembelajaran berbasis teknologi yang baru

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-15
Section
Articles