Pemanfaatan E-Book Sebagai Bahan Ajar pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri Satu Atap 6 Menthobi Raya Kabupaten Lamandau
Abstract
Penelitian ini bertujuan, menganalisis pemanfaatan e-book berikut kendala dalam yang di hadapi dalam pemanfaatan e-book di SMP Negeri Satu Atap 6 Menthobi Raya Kabupaten Lamandau pada bidang Studi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data dilakukan dengan data reduction, data display dan conclusions drawing/ verifying, sedangkan pengabsahan data dengan teknik triangulasi. Hasil temuan penelitian yaitu, 1) Pemanfaatan e-book memberikan dampak positif, yakni guru mampu menggunakan e-book dengan cara yang efektif, seperti melalui LCD proyektor dan distribusi digital melalui grup WhatsApp, yang meningkatkan interaktivitas dan fleksibilitas dalam proses pembelajaran serta menciptakan suasana pembelajaran yang lebih menyenangkan, modern, dan kondusif. Dari perspektif siswa, penggunaan e-book mampu meningkatkan motivasi belajar dan lebih produktif dalam penggunaan gadget, sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. 2) Kendala pemanfaatan e-book disebabkan oleh faktor faktor internal mencakup kurangnya perhatian dan partisipasi aktif siswa dalam diskusi, keberanian yang rendah untuk menyampaikan hasil diskusi di depan kelas, serta ketidakdisiplinan dalam mengumpulkan tugas atau mengunggah hasil kerja. Sementara itu, faktor eksternal meliputi keterbatasan akses internet, jaringan internet yang lambat, ketiadaan smartphone pada beberapa siswa, dan ketidaknyamanan guru dalam mengadopsi model pembelajaran berbasis teknologi yang baru
Downloads
Copyright (c) 2024 Zaenal Mustofa, Lukman Hakim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.