Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Mater Sistem Gerak Pada Manusia
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penignkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data hasil tes dan non-tes, di mana instrumen tes dalam penelitian ini adalah soal pretest, posttest, dan multiple choice untuk mengukur hasil hasil belajar siswa. Hasil yang diperoleh rata-rata nilai siswa pada siklus I yaitu sebesar 67,96 dengan nilai ketuntasan klasikal yaitu 74,07. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan yakni rata-rata nilai siswa yaitu sebesar 77,03 dengan nilai ketuntasan klasikal 88,88% atau sebanyak 90% siswa dinyatakan tuntas. Dengan adanya penerapan Problem Based Learning yang merupakan bagian dari model pembelajaran inovatif, peran guru sebagai pendidik harus bisa membangkitkan minat belajar siswa, motivasi belajar dan partisipasi siswa dalam proses pembelajaran sehingga prestasi belajar siswa akan mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelumnya yang masih menerapkan metode konvensional ceramah
Downloads
Copyright (c) 2024 Wiska Baharuddin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.