Pelatihan Pelayanan terhadap Customer pada Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk pentingnya pelayanan yang maksimal untuk customer disaat masa pandemi ini. Diberbagai kota tidak terkecuali Jakarta yang sudah melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Banyak bisnis kafe dan restoran yang ditutup. Kafe dan restoran yang tetap buka hanya diizinkan untuk melayani makanan dengan cara takeaway atau makanan yang dibeli harus dibawa pulang. Kendati perlahan 'hidup' kembali, pengelola usaha dan pengunjung juga tetap harus tertib protokol kesehatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan metode yang fokus pada pengamatan yang mendalam. Oleh karenanya, penggunaan metode kualitatif dalam penelitian dapat menghasilkan kajian atas suatu fenomena yang lebih komprehensif. Adapun pengumpulan data dalam penelitian ini berupa studi lapangan (observasi dan dokumentasi) dan studi kepustakaan. Salah satu sarana untuk mencapai produktivitas karyawan adalah melalui perancangan program pelatihan bagi karyawan. Meningkatkan produktivitas karyawan ditempat kerja sangat bermanfaat bagi perusahaan. Produktivitas kerja sendiri mengacu kepada seberapa efisien dan efektif karyawan mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas yang telah diberikan. Pelatihan karyawan tetap harus jalan meski dalam kondisi pandemi virus corona agar produktivitas kerja karyawan tetap terjaga meskipun dampak pandemi virus corona bisa menyebabkan karyawan harus bekerja dari rumah atau Work From Home (wfh). Pelatihan karyawan pada saat pandemi Covid-19 dapat dilakukan secara online. Meningkatkan produktivitas karyawan ditempat kerja sangat bermanfaat bagi perusahaan. Produktivitas kerja sendiri mengacu kepada seberapa efisien dan efektif karyawan mencapai tujuan dan menyelesaikan tugas yang telah diberikan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.