Analisa Dan Perancangan E-Crm Untuk Meningkatkan Loyalitas Dan Pelayanan Terhadap Customer (Studi Kasus: PT. Elhasbu Mulia Utama)
Abstract
Elhasbu Tour Travel (PT. Elhasbu Mulia Utama) merupakan salah satu biro perjalanan wisata yang melayani berbagai paket wisata. Dengan adanya persaingan perjalanan wisata yang tinggi, perusahaan sulit untuk dapat mengevaluasi hasil kinerja yang sudah diberikan kepada customer. Beberapa faktor yang dihadapi perusahaan sulit mendapatkan customer baru, dalam penanganan keluhan yang kurang baik karena tidak adanya pencatatan data keluhan, perusahaan membutuhkan waktu cukup lama dalam melihat transaksi, dan customer tidak mengetahui kepuasan dari customer lain. Hal ini tentunya dapat diwujudkan dengan menerapkan sistem Electonic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis object oriented dan web base yang fokus kepada 3 tahapan Customer Relationship Management (CRM) yaitu Acquire, Enhance, Retain dengan mengaplikasikan model Customer Relationship Management (CRM) yaitu suatu jenis manajemen yang secara khusus membahas teori mengenai penanganan hubungan antara perusahaan dengan customer dengan tujuan meningkatkan nilai perusahaan dimata customer. Berdasarkan hasil analisa dengan menerapkan Electonic Customer Relationship Management (E-CRM) mengahasilkan 7 laporan yaitu laporan paket tour yang paling diminati, komplain by jenis komplain, komplain by status, perkembangan pendaftaran tour, top customer, pendaftaran by periode, serta keuangan. Dengan adanya rancangan sistem berbasis web ini, diharapkan dapat menyelesaikan masalah menurunnya loyalitas dan pelayanan yang dialami oleh Elhasbu Tour Travel (PT. Elhasbu Mulia Utama).
Kata Kunci : Electronic Customer Relationship Management, CRM meningkatkan
loyalitas dan pelayanan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.