Pengaruh Media Sosial terhadap Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Pancasila pada Generasi Z

  • Alyssa Malinda Putri Program Internasional Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung Jawa Barat, Indonesia
  • Artemis Latifya Farijana Andrian Program Internasional Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung Jawa Barat, Indonesia
Keywords: media sosial, generasi Z, Pancasila

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah supaya mengetahui seberapa besar kecenderungan pada generasi Z terhadap media sosial melatarbelakangi jurnal ilmiah kami yang berjudul “Pengaruh Media Sosial terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada Generasi Zâ€. Manfaat dari penelitian ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan baik bagi penulis dan pembaca. Jurnal ini menjelaskan pengaruh media sosial terhadap nilai Pancasila pada generasi Z serta metode untuk mengimplementasikan kembali nilai luhur Pancasila di era digital ini. Dari hasil penelitian ini, kami dapat mengetahui dampak pengaruh media sosial terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada generasi Z. Hasil dari metode kuantitatif yang kami gunakan menunjukkan bahwa dari 78 responden yang telah mengisi angket yang kami sebarkan, terdapat mayoritas sebanyak 42,3% responden yang menggunakan sosial media selama kurang lebih 5-7 jam setiap harinya. Sebanyak 70,5% responden juga merasa bahwa penggunaan media sosial dapat mengurangi upaya kerja mereka seperti waktu mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan beribadah. untuk mengetahui pengaruh dari media sosial terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada generasi Z. Hasil dari penelitian kami menunjukkan bahwa adanya media sosial dapat digunakan untuk menjadi metode efektif baru untuk memaparkan nilai-nilai Pancasila. Pengetahuan mengenai Pancasila yang sudah diterapkan ini membuat pengaruh negatif dari media sosial dapat dinetralisasi sehingga mayoritas dari responden kami juga tidak mendapatkan pengaruh buruk dari media sosial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-20
Section
Articles