Meningkatkan Hasil Belajar Elastisitas Melalui Pendekatan Kontekstual Team Assisted Individualization
Abstract
Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Elastisitas siswa MAN 1 Pesisir Barat melalui pembelajaran pendekatan kontekstual Team Assisted Individualization dan mengetahui seberapa besar kenaikan hasil belajar tersebut. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa MAN 1 Pesisir Barat pada pokok bahasan Elastisitas melalui pembelajaran pendekatan kontekstual Team Assisted Individualization. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus, dari hasil analisis diperoleh bahwa Pembelajaran Melalui Pendekatan Kontekstual Model Team Assisted Individualization dapat meningkatkan hasil belajar Elastisitas siswa MAN 1 Pesisir Barat pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dari 67,90 menjadi 75,70 pada siklus II atau meningkat 11,49%, pada siklus III 79,77 atau meningkat 5,37%. Rata-rata ketuntasan kelas meningkat pada siklus I dari 40,00 menjadi 73,33 pada siklus II atau meningkat 83,33%, pada siklus III menjadi 86,67 atau meningkat 18,18%.
Kata Kunci: Hasil belajar, kontekstual, assisted, individualization, team
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.