Meningkatkan Hasil Belajar Elastisitas Melalui Pendekatan Kontekstual Team Assisted Individualization

  • Ahmad Gumrowi

Abstract

Penelitian tindakan ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Elastisitas siswa MAN 1 Pesisir Barat melalui pembelajaran pendekatan  kontekstual  Team  Assisted Individualization dan mengetahui seberapa besar kenaikan hasil belajar tersebut. Objek penelitian ini adalah hasil belajar siswa MAN 1 Pesisir Barat pada pokok bahasan Elastisitas melalui pembelajaran pendekatan  kontekstual  Team  Assisted Individualization. Penelitian ini dilaksanakan selama tiga siklus, dari hasil analisis diperoleh bahwa Pembelajaran  Melalui  Pendekatan  Kontekstual  Model Team  Assisted Individualization  dapat   meningkatkan  hasil   belajar Elastisitas   siswa MAN 1 Pesisir Barat pada setiap siklusnya. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat pada siklus I dari 67,90  menjadi 75,70 pada siklus II atau meningkat 11,49%, pada siklus III 79,77 atau  meningkat 5,37%. Rata-rata ketuntasan kelas meningkat pada siklus I dari 40,00  menjadi 73,33 pada siklus II atau meningkat 83,33%, pada siklus III menjadi 86,67 atau  meningkat 18,18%.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, kontekstual, assisted, individualization, team

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-23
Section
Articles