Pelaksanaan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII AK1 SMKN 2 Purwakarta Dalam Menyusun Neraca Lajur Perusahaan Manufaktur
Abstract
Hasil pengamatan di kelas XII AK1 SMKN.2 Purwakarta menunjukkan bahwa perhatian siswa terhadap guru pasif. Ketika pembelajaran 75% siswa di kelas relatif gaduh, membaca buku ketika guru menerangkan, dan berbicara sendiri dengan teman sebangkunya. Dalam kegiatan diskusi siswa kurang konsentrasi, tidak segera menbentuk kelompok dan perhatian terpusat pada perlengkapannya. Keterlibatan siswa dalam diskusi kurang terlihat, ketika tanya jawab, dari 35 siswa hanya 2 saja yang mengangkat tangan. Berdasarkan uraian latar masalah penelitian, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas XII AK 1 SMKN.2 Purwakarta dalam menyusun neraca lajur perusahaan manufaktur melalui pelaksanaan pembelajaran jigsaw. Penelitian ini dilakukan dalam konteks penelitian tindakan kelas dan dimaksudkan untuk memperbaiki proses pembelajaran Akuntansi . Penelitian ini berdasarkan keadaan yang terjadi di lapangan. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII AK1 SMKN.2 Purwakarta sebanyak 35 siswa. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan instrumen motivasi dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa, dengan memaparkan data apa adanya yang terjadi di kelas pada saat proses pembelajaran. Tindakan yang diberikan pada subyek penelitian berupa model pembelajaran jigsaw dengan menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan, masing-masing terdiri atas dua kali empat puluh lima menit. Tahap penelitian meliputi tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi tindakan, dan tahap refleksi. Sintak pembelajaran jigsaw meliputi pembentukan kelompok, pembagian materi kelompok, diskusi kelompok ahli, diskusi kelompok pengajaran teman sebaya, presentasi hasil diskusi, kesimpulan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XII AK1 SMKN.2 Purwakarta, terbukti dengan hasil skor penilaian motivasi meningkat dari siklus I ke siklus II. Disamping itu pembelajaran ini ternyata dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa diukur dari keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok meningkat dari siklus I ke siklus II. Disarankan kepada guru agar menggunakan model pembelajaran jigsaw untuk meningkatkan motivasi belajar dan keaktifan siswa, khususnya kepada guru yang memiliki karakteristik siswa dan materi sejenis
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.