Pemanfaatan Media Sosial Kotamadya Jakarta Utara Sebagai Media Publikasi Kepada Publik Eksternal

  • Achmad Fathul Khoiri
  • Rety Palupi

Abstract

Humas di sebuah instansi pemerintah berperan penting dalam membangun komunikasi dengan publik eksternal.  Seiring berkembangnya teknologi, proses komunikasi kepada publik eksternal dapat dilakukan melalui media sosial. Pemanfaatan media sosial sebagai media publikasi dilakukan Humas Walikota Jakarta Utara sebagai upaya penyebaran informasi kepada publik eksternal.  Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan cara, observasi, kepustakaan, dokumentasi, dan wawancara secara langsung dengan pihak-pihak yang bersangkutan. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisa secara deskriptif sehingga memperoleh gambaran mengenai objek yang diteliti. Hasil dari peneliitian yang telah dilakukan penulis menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial sebagai media publikasi oleh Humas Walikota Jakarta Utara dilakukan di platform media sosial Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Informasi disebarkan melalui platform media sosial dilakukan dalam bentuk foto dan video agar mudah dipahami oleh publik. Evaluasi pemanfaatan media sosial sebagai media publikasi dianggap cukup berhasil, meskipun masih belum maksimal. Hal ini dikarenakan masih banyak publik eksternal yang belum mengetahui akun-akun media sosial Humas Walikota Jakarta Utara.

Kata Kunci: Strategi Humas, Media Sosial, Media Publikasi

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-23
Section
Articles