Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Seiring dengan kemajuan teknologi, pemasaran konvensional saat ini telah beralih menjadi pemasaran digital. Pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan berbagai situs di internet. Salah satunya adalah melalui media sosial. Media sosial dinilai efektif untuk memasarkan suatu produk secara online karena luasnya jangkauan pemasaran yang akan di dapat. Penelitian ini membahas tentang strategi pemanfaatan Facebook dan WhatsApp untuk memperluas jaringan pemasaran benih sayuran yang dilakukan oleh Wafipreneur di masa pandemic Covid-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik wawancara mendalam dengan narasumber, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Facebook dan WhatsApp merupakan media sosial dan media sosial berbasis pesan yang paling sering dikunjungi oleh penggunanya. Wafipreneur melakukan jual beli benih sayur melalui fitur-fitur yang disediakan oleh Facebook dan WhatsApp yang menurutnya sangat membantunya untuk memasarkan produk tersebut. Selama empat bulan memanfaatan Facebook dan WhatsApp untuk pemasaran benihnya, Wafipreneur telah memperoleh omzet hingga Rp 250.000.000 walaupun berada pada situasi pandemi ini. Wafipreneur memiliki strategi khusus dalam melakukan pemasaran benih sayuran dan memperluas jaringan pemasarannya.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.