Strategi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Dan Whatsapp Untuk Memperluas Jaringan Pemasaran Digital Benih Sayuran Oleh Wafipreneur Di Masa Pandemi Covid-19

  • Rahmah Taqiyya Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya
  • Sugeng Riyanto Universitas Brawijaya Malang Jawa Timur, Indonesia
Keywords: pemasaran digital, facebook, whatsapp, benih sayuran, pandemi

Abstract

Seiring dengan kemajuan teknologi, pemasaran konvensional saat ini telah beralih menjadi pemasaran digital. Pemasaran digital merupakan kegiatan pemasaran yang menggunakan berbagai situs di internet. Salah satunya adalah melalui media sosial. Media sosial dinilai efektif untuk memasarkan suatu produk secara online karena luasnya jangkauan pemasaran yang akan di dapat. Penelitian ini membahas tentang strategi pemanfaatan Facebook dan WhatsApp untuk memperluas jaringan pemasaran benih sayuran yang dilakukan oleh Wafipreneur di masa pandemic Covid-19. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik wawancara mendalam dengan narasumber, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, Facebook dan WhatsApp merupakan media sosial dan media sosial berbasis pesan yang paling sering dikunjungi oleh penggunanya. Wafipreneur melakukan jual beli benih sayur melalui fitur-fitur yang disediakan oleh Facebook dan WhatsApp yang menurutnya sangat membantunya untuk memasarkan produk tersebut. Selama empat bulan memanfaatan Facebook dan WhatsApp untuk pemasaran benihnya, Wafipreneur telah memperoleh omzet hingga Rp 250.000.000 walaupun berada pada situasi pandemi ini. Wafipreneur memiliki strategi khusus dalam melakukan pemasaran benih sayuran dan memperluas jaringan pemasarannya.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-21
Section
Articles