Komunikasi Pemasaran Sebagai Upaya Pelestarian Kain Batik Sukabumi

  • Ayatullah Rosyadi Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Erry Sunarya Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Kokom Komariah Universitas Muhammadiyah Sukabumi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh UMKM Pondok Batik Kreasi Sukabumi dalam mengupayakan pelestarian kain batik Sukabumi. Variabel pada penelitian ini yaitu bauran komunikasi pemasaran terhadap pelestarian kain batik Sukabumi. Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada pihak perusahaan. Hasil dari penelitian ini bahwa UMKM Pondok Batik Kreasi Sukabumi mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran. Namun masih ada beberapa faktor yang belum dilakukan dengan maksimal. Faktor tersebut tidak menjadi permasalahan yang besar karena faktor lain yang dapat menutupi kekurangan tersebut. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan mampu melestarikan kain batik Sukabumi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-10-21
How to Cite
ROSYADI, Ayatullah; SUNARYA, Erry; KOMARIAH, Kokom. Komunikasi Pemasaran Sebagai Upaya Pelestarian Kain Batik Sukabumi. Syntax Idea, [S.l.], v. 2, n. 10, p. 738-748, oct. 2020. ISSN 2684-883X. Available at: <https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/618>. Date accessed: 19 june 2021. doi: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v2i10.618.