ANALISIS IKLAN RUANG GURU DAN BRAND AMBASSADOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN KONSUMEN PENGGUNA RUANG GURU
Abstract
Banyaknya aplikasi belajar online yang ada di Indonesia mebuat perusahaan harus bersaing dengan perusahaan lain, dampak lain dari banyaknya bermunculan aplikasi belajar online yaitu menimbulkan keraguan bagi calon konsumen (siswa) atau orang tua untuk memilih bimbingan belajar online mana yang tepat. Salah satu faktor yang mempengaruhi minat menggunakan aplikasi belajar online adalah faktor kepercayaan, karena kepercayaan merupakan suatu pondasi yang penting bagi sebuah komitmen atau janji. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh iklan dan brand ambassador terhadap kepercayaan konsumen. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu iklan (X1), brand ambassador (X2) dan kepercayaan konsumen (Y). Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan non probability sampling dengan melakukan penyebaran kuesioner sebanyak 150 responden kepada konsumen yang menggunakan aplikasi Ruang Guru di kota Sukabumi. Terknik analisa data yang dugunakan yaitu regresi linear berganda dimana dalam metode ini menggunakan metode pengaruh secara parsial dan pengaruh secara simultan. Hasil yang didapatkan menunjukan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara iklan dan brand ambassador terhadap kepercayaan konsumen.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.