PENGARUH GAYA HIDUP, HARGA, PROMOSI, CITRA MEREK, DAN VIRAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS : PENGGUNAAN APLIKASI AIRYROOMS)
Abstract
Pada saat ini, teknologi berkembang menjadi pesat dari generasi ke generasi. Masyarakat di dunia banyak memanfaatkan teknologi yang sedang berkembang untuk membantu membuat dan mengembangkan bisnis. Salah satu kegiatan bisnis yang bergerak dan berkembang saat ini adalah industri perhotelan yaitu virtual hotel operator (VHO). Konsep yang dimiliki oleh virtual hotel operator (VHO) adalah rebranding. VHO melakukan pemeriksaan kualitas secara menyeluruh untuk memastikan konsumen dapat dilayani dan mendapatkan pengalaman terbaik. Viral marketing memiliki konsep pemasaran dengan memanfaatkan penggunaan jaringan media sosial di dalam dunia digital. AiryRooms adalah perusahaan teknologi yang mengelola kamar-kamar berkualitas dengan harga yang terjangkau. Dengan adanya persaingan pasar yang semakin kuat, maka pemilik bisnis tersebut harus aktif dalam melakukan inovasi memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel gaya hidup, harga, promosi, citra merek, dan viral marketing terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi AiryRooms di Tangerang Selatan. Metode yang digunakan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non probability sampling (judgement sampling). Skala pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Sampel penelitian sebanyak 121 responden. Sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel gaya hidup, citra merek, dan viral marketing berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variabel harga dan promosi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi AiryRooms di Tangerang Selatan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.