PENGARUH KEMUDAHAN TRANSAKSI DAN KEPERCAYAAN PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN GOJEK (STUDI PADA MAHASISWA AKTIF ADMINISTRASI BISNIS UPN "VETERAN" JAWA TIMUR)

  • Lia Nirawati Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran
  • Bela Ayu Dian Safitri Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran
  • Regista Fabunga Ahmad Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran
Keywords: Kemudahan Transaksi, Kepercayaan Produk, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Kemudahan transaksi dan kepercayaan produk menjadi faktor yang sangat penting untuk mendapatkan loyalitas dari pelanggan Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan pengaruh secara parsial Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek. Penelitian ini menggunakan data yang diperoleh dari kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif program studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UPN "Veteran†Jawa Timur, dengan penentuan sampel menggunakan rumus unknown population sejumlah 100 responden dan teknik penentuan sampel secara purposive sampling dengan ketentuan pengguna jasa gojek lebih dari 10 kali. Teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis koefisien determinan yang digunakan untuk mengukur seberapa besar kontribusi variabel bebas terhadap variabel terikat, Uji F untuk pengujian secara simultan, dan Uji t untuk pengujian secara parsial. Dari hasil analisis regresi (koefisien determinan) diperoleh nilai R Square sebesar 0,665 yang menyatakan bahwa sebesar 66,5% Loyalitas Pelanggan Gojek dapat dipengaruhi variabel Kemudahan Transaksi dan Kepercayaan Produk, sedangkan sisanya yaitu sebesar 33,5% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini. Hasil analisis pengujian secara simultan (Uji F), diketahui bahwa variabel Kemudahan Transaksi (X1) dan Kepercayaan Produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Y). Hasil analisis pengujian secara parsial (Uji t), diketahui bahwa variabel Kemudahan Transaksi (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Y) dan variabel Kepercayaan Produk (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Gojek (Y).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-20
Section
Articles