Hubungan Status Sosioekonomi Terhadap Status Gizi Anak Di SD Negeri 060838Kota Medan
Abstract
Status gizi merupakan keadaan kesehatan yang tercipta dari keseimbangan antara input dan output atau kebutuhan gizi tubuh. Tujuan penelitian ini adalah Melihat dan meneliti status sosioekonomi terhadap status gizi pada anak di SDN 060838 Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian analitik oservasional yaittu penelitian yang menjelaskan pengaruh antara vasiabel independen (status sosial ekonomi) dengan variable dependen (status gizi pada anak). Model penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan desain penelitian analitik dengan pendekantan “cross-Sectional”. Data yang didapat dari responden dengan cara wawancara berpedoman kuesioner dan melakukan penimbangan menggunakan alat timbangan, dan dikategorikan berdasarkan BB/TB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa responden dengan gizi kurang sebanyak 7 anak (14%) seluruhnya orang taunya berpenghasilan Rp.1.000.000-RP 2.000.000. Sebagian besar responden dengan obesitas sebanyak 5 anak (10%) orang tuanya berpenghasiilan >Rp.3.500.000. Terdapat hubungan antara penghasilan orang tua dan status gizi anak yang ditunjukkan dengan Pearson Chi-Square p-value (Sig) = 0.046 atau < 0,05
Downloads
Copyright (c) 2024 Tarisya Yasirah, Siti Aisyah Dalimunthe
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.