Pengembangan Soal Essay Untuk Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X Materi Aturan Sinus Dan Cosinus
SKRIPSI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan soal dibuku latihan siswa hanya sebagian kecil yang berkaitan dengan kemampuan komunikasi matematis. Sehingga perlu dilakukan pengembangan soal yang dapat mengacu kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa soal-soal kemampuan komunikasi matematis siswa yang valid dan praktis (terbaca). Metode penelitian yang digunakan research and development dengan model Tessmer yang terdiri dari tahap preliminary, self evaluation, expert review dan one-to-one, small group dan field test. Subjek penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas X SMA. Kevalidan soal diketahui dari hasil penilaian validator pada lembar validasi yang menyatakan soal-soal dikembangkan dengan baik berdasarkan materi, konstruksi, dan bahasa. Keperaktisan diketahui dari hasil one-to-one. Hasil penelitian pengembangan ini menghasilkan 15 butir soal yang telah melalui tahap expert review dan one-to-one.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.