ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE DECISION (SURVEI PADA KONSUMEN FAST FOOD A&W DI SUKABUMI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor keputusan pembelian konsumen pada A&W Kota Sukabumi dengan menggunakan variabel product quality, competitive prices, brand image, dan brand trust. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dan metode asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Sedangkan pada teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu probability sampling dengan menggunakan sample random sampling. Peneliti meyebarkan kuisioner sebanyak 373 responden terhadap konsumen A&W di Sukabumi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linear berganda, termasuk uji koefisien korelasi ganda, dan menggunakan pengujian hipotesis secara parsial atau uji t. Hasil penelitian dengan menggunakan uji koefisien determinasi dilihat dari nilai Adjusted (R2) memperoleh angka sebesar 0,756 yang menunjukan bahwa variabel product quality, competitive prices, brand image, dan brand trust dapat digunakan untuk mengukur variabel purchase decision sebesar 75,6% dan sisanya sebesar 24,4% merupakan faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari hasil uji koefisien korelasi ganda yang dilhat dari nilai R sebesar 0,871, menunjukan bahwa adanya hubungan yang sangat kuat antara variabel product quality, competitive prices, brand image dan brand trust terhadap variabel purchase decision. Sedangkan berdasarkan hasil uji t dengan nilai probabilitas sig. 0,00 > 0,05 memperoleh hasil secara parsial product quality (X1) berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchase decision (Y), band image (X3) berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchase decision (Y), dan brand trust (X4) berpengaruh signifikan dan positif terhadap purchase decision (Y), sedangkan competitive prices (X2) berpengaruh signifikan dan negative terhadap purchase decision (Y) dengan nilai probabilitas sig. 0,250 > 0,05.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.