PENERAPAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT PADA RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI REQUEST PICK UP BERBASIS WEBSITE (STUDI KASUS PT.NUSANTARA CARD SEMESTA CABANG DENPASAR)
Abstract
CRM merupakan salah satu strategi bisnis yang memanfaatkan teknologi informasi untuk menjaga hubungan yang baik dengan customer. Program yang harus diterapkan agar dapat mencapai tujuan dari CRM yaitu pemasaran yang berkelanjutan pemasaran individual dan program kemitraan. Membership kepada customer merupakan salah satu program dari pemasaran berkelanjutan. Salah satu perusahaan yang erat kaitannya dengan CRM (Customer Relationship Management) yaitu jasa ekspedisi. Perusahaan jasa ekspedisi merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang. Proses Pick Up merupakan proses yang sangat erat kaitannya dengan CRM, karena pada proses tersebut perusahaan dapat memberikan berbagai feedback kepada shipper atau pengirim paket. Metode yang digunakan dalam merancang sistem tersebut adalah metode Prototyping. Metode Prototyping atau Prototype merupakan versi awal dari sistem perangkat lunak (Software) yang digunakan untuk mendemonstrasikan konsep-konsep, percobaan rancangan, dan menemukan lebih banyak masalah dan solusi yang memungkinkan. Sistem yang dirancang menggunakan model prototype memperbolehkan user untuk mengetahui bagaimana sistem berjalan dengan baik. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukan Pembuatan rancang bangun sistem informasi request pick up berbasis Website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan dengan bantuan framework codeigniter didapatkan hasil bahwa sistem yang di rancang tersebut dapat memberikan solusi bagi perusahaan dalam menjaga loyalitas customer dengan memberikan feedback yang baik pada tiap transaksi yang dilakukan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.