ANALISIS KARAKTERISTIK FOLLOWERS DAN KONTEN IKLAN DALAM MENGUKUR EFEKTIVITAS INSTAGRAM STORIES ADVERTISEMENT PADA PRODUK KOSMETIK WARDAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan menggambarkan apakah terdapat pengaruh karakteristik followers dan konten iklan terhadap efektivitas instagram stories advertisement. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling, yakni Purposive Sampling dimana peneliti hanya mengambil sampel yang menjadi kriteria dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan melakukan penyebaran kuesioner online kepada 200 responden. Penelitian ini dilakukan pada akun media sosial instagram produk kosmetik wardah dengan id @wardahbeauty. Teori pemasaran digital merupakan teori utama yang digunakan dalam penelitian ini, dimana menurut teori ini pemasaran digital akan memberikan peluang bagi para pemasar untuk mempromosikan barang atau jasa melalui konten iklan dengan layanan yang cepat dan interaksi pemasaran yang lebih interaktif, real time, dan efektif. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis memperlihatkan variabel karakteristik followers berpengaruh signifikan terhadap variabel efektivitas iklan dan variabel konten iklan berpengaruh signifikan terhadap variabel efektivitas iklan. Adapun hasil pengukuran efektivitas iklan dengan menggunakan AISAS model berada pada rentang skala efektif.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.