DUNIA PENDIDIKAN DI WILAYAH PEDALAMAN PAPUA SEBELUM DAN SETELAH TERDAMPAK COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan di wilayah pedalaman Papua sebelum dan setelah terkena dampak Covid-19. Penelitian ini menggunakan studi kepustakaan dengan pengumpulan data diperoleh dari buku, jurnal penelitian, berita dan artikel online. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan dianalisis dengan metode analisis isi (content analysis) yang digunakan untuk mendapatkan inferensi yang valid dan dapat diteliti ulang berdasarkan konteksnya. Langkah-langkah yang peneliti lakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1. Menyiapkan alat perlengkapan, 2. Menyusun bibliografi kerja, 3. Mengatur waktu, 4. Membaca dan membuat catatan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah terjadi disparatis antara dareah perkotaan dengan daerah pedalaman di Papua dalam kemajuan pendidikan. Ketimpangan ini sudah terjadi jauh sebelum adanya Covid-19 yang mengharuskan para peserta didik belajar dari rumah. Ini dapat dilihat dari beberapa artikel yang menunjukkan bahwa Covid-19 sangat berdamapak terhadap pendidikan Papua. Hal ini dikarenakan masih kurangnyanya infrastruktur, fasilitas belajar, dan jangkauan internet ke wilayah pedalaman Papua.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.