MANAJEMEN SDM DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU DAN KUALITAS PELAYANAN DI RIDWAN INSTITUTE CIREBON

  • Azizah Indriyani Universitas Muhadi Setiabudi (UMUS), Brebes
Keywords: Manajemen SDM, Kualitas Pelayanan

Abstract

Pembangunan akan menjadi program semua bangsa. Guna mewujudkan pembangunan dibutuhkan kekuatan salah satunya Sumber Daya Manusia (SDM). SDM merupakan modal dasar pembangunan yang terdiri atas dimensi kuantitatif yaitu jumlah dan struktur penduduk, serta dimensi kualitatif yaitu mutu hidup penduduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui stategi dalam manajemen SDM dalam upaya meningkatkan mutu dan kualitas pelayanan di Ridwan Institute Cirebon. Metode yang digunakan dalam penellitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Penelitian lapangan (field research) adalah pengamatan langsung ke obyek yang diteliti guna mendapatkan data yang relevan. Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengamatan langsung di Ridwan Institute, Greenland Sendang Residen H 01 Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Jawa Barat. Penelitian ini berupaya mengumpulkan fakta yang ada dan berfokus pada usaha mengungkap tentang pengembangan sumber daya manusia yang dilakukan sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan terhadap client di Ridwan Institute Cirebon. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Adapun Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara-dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan Semakin tinggi tingkat produktivitas karyawan, maka akan semakin meningkatkan kinerja serta pelayanan yang diberikan. Hal ini berakibat pada kepuasan nasabah, sehingga semakin banyak client yang tertarik untuk melakukan publikasi karya ilmiah dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-08-20
Section
Articles