Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bisnis Bidang Jasa
Abstract
Pertumbuhan dan meningkatnya persaingan dalam dunia bisnis terutama bisnis bidang jasa membuat pelaku bisnis berupaya untuk menarik hati calon konsumen dan mempertahankan pelanggannya dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggannya. Peningkatan loyalitas pelanggan tersebut dapat dilakukan melalui peningkatan kepercayaan dan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui pengaruh dari kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas pelanggan pada bisnis bidang jasa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan literature review sebagai teknik pengumpulan data. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu kepercayaan (X1) dan kepuasan (X2) dan variabel dependen yaitu loyalitas pelanggan (Y). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bagi bisnis bidang jasa yang menyediakan layanan e-commerce marketplace, laundry, dan pariwisata kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Bagi bisnis bidang jasa yang menyediakan layanan e-commerce marketplace dan laundry kepuasan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas pelanggan, namun pada bisnis bidang jasa yang menyediakan layanan pariwisata kepuasan tidak memiliki pengaruh terhadap loyalitas pelanggan.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.