Motivasi dan Sikap Mahasiswa Program Studi Manajemen UNY Terhadap Minat Berwirausaha Bidang Boga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) motivasi mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga, (2) sikap mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga, (3) minat mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga, (4) Pengaruh motivasi dan sikap mahasiswa program studi manajemen UNY terhadap minat berwirausaha bidang boga. Jenis penelitian survei dengan populasi 240 mahasiswa, teknik pengambilan sampel simple random sampling dengan sampel penelitian sebanyak 147 mahasiswa dengan menggunakan pengukuran Isaac dan Michael. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket, dokumentasi dan observasi. Uji persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan linieritas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. dengan menggunakan bantuan program statistik SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga memiliki kecenderungan sedang. Frekuensi variabel motivasi pada kategori sangat tinggi 2 (1,4%), kategori tinggi 42 mahasiswa (28,6%), kategori sedang 69 mahasiswa (46,9%), kategori rendah 6 mahasiswa (4,1%). Faktor dominan pembentukan motivasi mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga adalah faktor pendorong pada kategori tinggi sebanyak 42%; (2) Sikap mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga memiliki kecenderungan sedang. Frekuensi variabel sikap pada kategori tinggi 51 (34,7%), kategori sedang 57 mahasiswa (38,8%), kategori rendah 34 mahasiswa (23,1%), kategori sangat rendah 5 mahasiswa (3,4%). Faktor dominan pembentukan sikap mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga adalah faktor tingkat sikap pada kategori tinggi sebanyak 41,5%; (3) Minat mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga memiliki kecenderungan sedang. Frekuensi variabel minat pada kategori sangat tinggi 9 mahasiswa (6,1%), kategori tinggi 40 mahasiswa (27,2%), kategori sedang 64 mahasiswa (43,5%), kategori rendah 28 mahasiswa (23,1%), kategori sangat rendah 6 mahasiswa (4,1%). Faktor dominan pembentukan minat mahasiswa program studi manajemen UNY dalam berwirausaha bidang boga adalah faktor minat personal pada kategori tinggi sebanyak 45,6%; (4) Terdapat pengaruh positif antara motivasi dan sikap mahasiswwa program studi manajemen UNY terhadap minat berwirausaha bidang boga dengan nilai signifikansi dalam uji F adalah o,00 dan lebih kecil dari 0,5. Hal ini berarti ditolak dan diterima, sehingga kesimpulan terdapat pengaruh motivasi dan sikap mahasiswa program studi manajemen UNY terhadap minat berwirausaha bidang boga
Downloads
Copyright (c) 2024 Ngabdul Munif, Sutriyati Purwanti, Mutiara Nugraheni, Ezra Chica’al Sandya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.