Analisis Isi Konten Marketing Akun Instagram @mop.beauty dalam Meningkatkan Engagement Followers
Abstract
Kehadiran Instagram telah membuka peluang bagi brand untuk terlibat secara lebih personal dan interaktif dengan konsumen. Instagram menyediakan fitur – fitur yang menarik seperti visual yang atraktif dan konten interaktif, sehingga mampu meningkatkan minat beli konsumen. Menurut Pulizzi (2014), content marketing bertujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi konsumen dengan cara yang menyenangkan dan relevan, yang pada akhirnya akan mengarah pada kepercayaan dan loyalitas merek.. Penelitian ini mengadopsi metode analisis isi yang dikemukakan oleh Eriyanto (2011). Analisis is merupakan Teknik penelitian ilmiah yang bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik isi komunikasi secara sistematis dan objektif. Dalam sosial media, analisis isi dapat digunakan untuk mengkategorisasikan jenis konten, menganalisis tema – tema dominan, dan mengevaluasi efektivitas strategi konten dalam meningkatkan engegment. Berdasarkan tinjauan literatur, konten yang diunggah oleh @mop.beauty akan dikategorisasikan ke dalam beberapa jenis, yaitu: (1) Jenis Konten Marketing (2) Strategi Engagement. Strategi konten marketing yang diterapkan oleh akun Instagram @mop.beauty selama periode Januari-Maret 2024 telah berhasil meningkatkan engagement followers mereka. Hasil analisis menunjukkan bahwa @mop.beauty menggunakan berbagai jenis konten, seperti konten edukasi, user-generated content (UGC), dan konten interaktif. Kombinasi strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi dengan pengikut, yang tercermin dari peningkatan jumlah likes, komentar, dan shares pada postingan mereka. Penggunaan hashtag yang konsisten, interaksi aktif dengan followers, serta konsistensi visual juga berkontribusi dalam membangun komunitas yang engaged di Instagram.
Downloads
Copyright (c) 2024 Tassah Aulya Sakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.