Pengaruh E-Sports Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Brand Loyalty Razer Inc.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan e-sports sebagai alat pemasaran serta kepuasan pelanggan yang sebagai variabel terhadap brand loyalty kepada merek Razer Inc. Pada masa dimana bermain video games bukanlah sesuatu yang dinilai sebagai suatu kegiatan yang nihil atau sia – sia industri video games semakin berkembang dengan munculnya sisi kompetitif secara profesional yang disebut sebagai e-sports. Munculnya berbagai macam kesempatan di dalam industri besar ini mendorong berbagai perusahaan yang berkaitan dengan video games berdiri dan berkembang, tidak hanya perusahaan baru namun banyak perusahaan besar lainnya melakukan berbagai macam investasi di dalam ranah e-sports. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian adalah perusahaan gaming gear yaitu Razer Inc. Variabel independen dalam penelitian ini adalah e-sports marketing dan kepuasan pelanggan (x) dan variabel dependen dalam penelitian ini adalah brand loyalty (y). Berdasarkan penelitian yang didapatkan, ditemukan bahwa adanya pengaruh yang cukup signifikan pada variabel e-sports marketing dan kepuasan pelanggan terhadap brand loyalty dari merek Razer. Sisi yang perlu lebih dikembangkan adalah perluasan pengetahuan mengenai program Razer yang mendukung pemain profesional.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.