Penerapan Komunikasi Terapeutik Perawat Pada Motivasi Sembuh Pasien COVID-19 Diruang Rawat Inap Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru

  • R Sarmida Christina Simanjuntak London School of Public Relations Institute of Communication & Business
  • Vausani Irfa London School of Public Relations Institute of Communication & Business
  • Ns Hermiyanti Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru
Keywords: COVID-19, Komunikasi Terapeutik, Motivasi

Abstract

Komunikasi Terapeutik merupakan salah satu bentuk proses pengobatan oleh tenaga pelayanan kesehatan profesional pada pasien yang menderita suatu penyakit tertentu, dengan cara diinapkan diruang rawat inap tertentu sesuai dengan jenis penyakit yang dialaminya, fasilitas rawat inap disediakan dan dijalankan secara sistematis oleh tenaga medis dan non medis, disediakan oleh pihak penyedia pelayanan kesehatan. Komunikasi terapeutik mengetahui sendiri bertujuan untuk kesembuhan pasien. Oleh karena itu, perlu diketahui bagaimana perawat memahami makna dan pentingnya komunikasi terapeutik itu sendiri.karena pemahaman tersebut dapat berpengaruh terhadap kualitas komunikasi terapeutik yang diberikan oleh perawat. Kualitas komunikasi terapeutik dapat diketahui dari pelayanan yang dirasakan oleh pasien serta tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pasien. Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan 11 sampel. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan komunikasi terapeutik di ruang rawat inap Rumah Sakit Awal Bros Pekanbaru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi perawat dan pasien, telah berlangsung dengan baik. Hal ini tercermin dari cara perawat memberikan komunikasi secara langsung yang lembut dan ekspresi wajah yang menyenangkan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-10-15
Section
Articles