Strategi Transformasi Digital di Era Big Data: Peran TOE Framework, Adopsi Analitik Bisnis dan Retensi Pengetahuan

  • Dian Alanudin Institut Teknologi dan Bisnis Jakarta
  • Ahmad Fadgham Khaza’inullah Institut Teknologi dan Bisnis Jakarta
Keywords: Transformasi Digital, Kerangka TOE, Analitik Bisnis, Retensi Pengetahuan, Keunggulan Kompetitif.

Abstract

Revolusi Industri 4.0 ditandai dengan pengintegrasian teknologi digital seperti analitik big data, Internet of Things, kecerdasan buatan, dan robotika ke dalam proses bisnis tradisional. Transformasi ini telah memicu peningkatan besar dalam penggunaan internet serta melahirkan inovasi yang mengubah cara kita hidup dan bekerja. Untuk tetap unggul di era digital ini, perusahaan harus menerapkan strategi transformasi digital yang melibatkan pemanfaatan alat dan platform digital untuk mengoptimalkan operasi, menurunkan biaya, dan meningkatkan efisiensi. Adopsi transformasi digital memungkinkan perusahaan untuk merespons perubahan pasar dengan lebih cepat dan tepat, memperoleh wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan, serta mendorong pertumbuhan dan profitabilitas. Dalam lingkungan bisnis yang cepat berubah saat ini, transformasi digital menjadi kebutuhan esensial bagi perusahaan yang ingin berkembang. Studi ini, yang melibatkan analisis data dari 327 perusahaan e-commerce, mengusulkan model yang menawarkan wawasan berharga mengenai tindakan praktis serta memperdalam pemahaman tentang pentingnya strategi transformasi digital di era big data, dengan mempertimbangkan peran TOE Framework (Teknologi-Organisasi-Lingkungan), adopsi analitik bisnis, retensi pengetahuan, dan kapabilitas dinamis untuk mencapai keunggulan kompetitif

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-10
Section
Articles