Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik

  • Mugiyono Mugiyono Universitas Islam Jakarta
  • Reza Afifatul Janah Universitas Islam Jakarta
Keywords: Media Sosial, Perilaku Keagamaan, Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perilaku keagamaan yang merupakan suatu bentuk perilaku yang mana mencerminkan nilai-nilai agama yang terkandung didalamnya. Dalam diri manusia terdapat dua unsur yaitu usur jasmani dan unsur rohani. Unsur jasamani bisa didapatkan melalui makanan dan minuman sedangkan unsur rohani berupa nilai-nilai spiritual keagamaan. Perkembangan globalisasi membuat peserta didik menjadi akarab dengan smartphone sehingaa membuatnya menjadi jauh dengan nilai-nilai keagaman. Penelitian ini bertujuan: untuk mengukur seberapa besar pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Keagamaan. Metode yang digunakan menggunakan jenis Penelitian Kuantitatif dengan metode Deskriptif Analitik Korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling, dengan jumlah responden 26 siswa.  Hasil penelitian menunjukan bahwa jika dilihat dari segi uji koefisien Product Moment menghasilkan “r_xy” atau “r_o” sebesar 0,535, sedangkan “rt” pada taraf signifikan 5% = 0,396 dan taraf signifikan 1% = 0,505. Dengan demikian dapat diterima dan disetujui, sementara Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada perhatian orang tua terhadap motivasi belajar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-05
Section
Articles