Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Keagamaan Peserta Didik
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Perilaku keagamaan yang merupakan suatu bentuk perilaku yang mana mencerminkan nilai-nilai agama yang terkandung didalamnya. Dalam diri manusia terdapat dua unsur yaitu usur jasmani dan unsur rohani. Unsur jasamani bisa didapatkan melalui makanan dan minuman sedangkan unsur rohani berupa nilai-nilai spiritual keagamaan. Perkembangan globalisasi membuat peserta didik menjadi akarab dengan smartphone sehingaa membuatnya menjadi jauh dengan nilai-nilai keagaman. Penelitian ini bertujuan: untuk mengukur seberapa besar pengaruh Media Sosial terhadap Perilaku Keagamaan. Metode yang digunakan menggunakan jenis Penelitian Kuantitatif dengan metode Deskriptif Analitik Korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling, dengan jumlah responden 26 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa jika dilihat dari segi uji koefisien Product Moment menghasilkan “r_xy” atau “r_o” sebesar 0,535, sedangkan “rt” pada taraf signifikan 5% = 0,396 dan taraf signifikan 1% = 0,505. Dengan demikian dapat diterima dan disetujui, sementara Hipotesis Nihil (Ho) ditolak atau tidak disetujui. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada perhatian orang tua terhadap motivasi belajar
Downloads
Copyright (c) 2024 Mugiyono Mugiyono, Reza Afifatul Janah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.