Manajemen Komunikasi Industri Radio PT Mahaka Radio Integra dalam Mempertahankan Reputasi Setelah Masa Krisis Pandemi

  • Sadarin Sadarin Universitas Al Azhar
Keywords: Manajemen Komunikasi, Reputasi, Krisis, Pandemi

Abstract

Komunikasi mempertahankan reputasi pada masa setelah krisis sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menyampaikan atau menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.Komunikasi manajemen reputasi dan krisis semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan pesat media baru.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi manajemen reputasi dan krisis PT Mahaka Radio Integra dalam upaya mempertahankan reputasi setelah masa krisis pandemi.Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode pengambilan data yaitu wawancara dan observasi.Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana sebuah perusahaan yang menjadi market leader di bidang industry radio dapat merespon reputasi dan krisis serta mengomunikasikannya.Melalui penelitian ini ingin mengklasifikasikan berbagai strategi yang telah dilakukan PT Mahaka Radio Integra dalam praktiknya menjalankan komunikasi. Pada  2017,mengakuisisi saham PT  Radio Ramako.Hal ini dilakukan untuk mengembangkan dan memfasilitasi kebutuhan dari pendengar. Dengan diakuisisinya tiga radio baru, tentunya PT Mahaka Radio Integra melakukan beberapa penyesuaian untuk mengembangkan bisnis radio,salah satunya adalah penambahan sumber daya manusia.Pada 2020,seluruh karyawan melakukan work from home.Bagi perusahaan yang bergerak dalam jasa penyiaran, pendengar merupakan pasar yang sangat penting.Saat itu,kami merasa pendengar tidak lagi mendengarkan radio melalui gelombang frekuensi (FM),hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah yang menyerukan untuk tidak keluar rumah. Banyak hal yang kami kembangkan selama periode pandemi 2020-2022.Mulai dari kebijakan siaran dari rumah untuk semua penyiar hingga memanfaatkan teknologi zoom sebagai media tatap muka. Hasil penelitian ini ingin mengemukakan strategi yang dilakukan PT Mahaka Radio Integra pada masa setelah pandemi.

 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-23
Section
Articles