Manajemen Komunikasi Industri Radio PT Mahaka Radio Integra dalam Mempertahankan Reputasi Setelah Masa Krisis Pandemi
Abstract
Komunikasi mempertahankan reputasi pada masa setelah krisis sangat dibutuhkan oleh perusahaan untuk menyampaikan atau menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi.Komunikasi manajemen reputasi dan krisis semakin dibutuhkan seiring dengan perkembangan pesat media baru.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi manajemen reputasi dan krisis PT Mahaka Radio Integra dalam upaya mempertahankan reputasi setelah masa krisis pandemi.Penelitian ini dilakukan secara kualitatif dengan metode pengambilan data yaitu wawancara dan observasi.Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana sebuah perusahaan yang menjadi market leader di bidang industry radio dapat merespon reputasi dan krisis serta mengomunikasikannya.Melalui penelitian ini ingin mengklasifikasikan berbagai strategi yang telah dilakukan PT Mahaka Radio Integra dalam praktiknya menjalankan komunikasi. Pada 2017,mengakuisisi saham PT Radio Ramako.Hal ini dilakukan untuk mengembangkan dan memfasilitasi kebutuhan dari pendengar. Dengan diakuisisinya tiga radio baru, tentunya PT Mahaka Radio Integra melakukan beberapa penyesuaian untuk mengembangkan bisnis radio,salah satunya adalah penambahan sumber daya manusia.Pada 2020,seluruh karyawan melakukan work from home.Bagi perusahaan yang bergerak dalam jasa penyiaran, pendengar merupakan pasar yang sangat penting.Saat itu,kami merasa pendengar tidak lagi mendengarkan radio melalui gelombang frekuensi (FM),hal ini dikarenakan kebijakan pemerintah yang menyerukan untuk tidak keluar rumah. Banyak hal yang kami kembangkan selama periode pandemi 2020-2022.Mulai dari kebijakan siaran dari rumah untuk semua penyiar hingga memanfaatkan teknologi zoom sebagai media tatap muka. Hasil penelitian ini ingin mengemukakan strategi yang dilakukan PT Mahaka Radio Integra pada masa setelah pandemi.
Downloads
Copyright (c) 2024 Sadarin Sadarin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.