Analisis Penurunan Kinerja Lalu Linta Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus: Jalan Sarapung di Depan SD Negeri 6 Manado)

  • Semuel Y. R. Rompis Universitas Sam Ratulangi
  • Lucia I. R. Lefrandt Universitas Sam Ratulangi
  • Diana G. I. Momuat Universitas Sam Ratulangi
Keywords: Hambatan Samping, Kinerja Ruas Jalan, PKJI 2014, PTV Vissim

Abstract

Salah satu alasan terjadinya kemacetan lalu lintas adalah hambatan samping. Hambatan samping memiliki dampak signifikan terhadap kinerja lalu lintas karena semakin tinggi hambatan samping, maka semakin besar pengaruhnya terhadap volume dan kecepatan kendaraan yang melewati jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penurunan kinerja lalu lintas Jalan Sarapung di Depan SD Negeri 6 Manado, menganalisis dampak signifikan hambatan samping terhadap kinerja lalu lintas, dan menganalisis kinerja ruas jalan pada kondisi eksisting dan skenario tanpa hambatan samping. Data yang dikumpulkan dari survei mencakup data volume lalu lintas, data hambatan samping dan data kecepatan kendaraan. Analisa data menggunakan metodologi PKJI 2014 dengan menerapkan model Greenshield, Greenberg dan Underwood kemudian disimulasikan menggunakan PTV Vissim. Survei dilakukan selama tiga hari yakni pada hari Sabtu, 15 April 2023, Senin, 17 April 2023 dan Selasa, 18 April 2023 pada pukul 06.00 – 19.00 WITA dengan interval waktu 15 menit. Berdasarkan analisis, volume lalu lintas (Q) tertinggi terjadi pada Senin, 17 April 2023 pada periode waktu 11.00 – 12.00 WITA yakni mencapai 1205.9 skr/jam, kapasitas jalan (C) sebesar 1470,64 skr/jam sehingga menghasilkan derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,819985 dan Tingkat Pelayanan (LOS) D, yang menunjukkan kondisi lalu lintas tidak stabil. Akibat adanya hambatan samping kapasitas jalan Sarapung di depan SD Negeri 6 Manado adalah sebesar 67% yang berarti mengalami penurunan 33% dari kapasitas optimalnya, yaitu 100%, sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas terutama pada saat jam arus lalu lintas tinggi

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-14
Section
Articles