Analisis Penurunan Kinerja Lalu Linta Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus: Jalan Sarapung di Depan SD Negeri 6 Manado)
Abstract
Salah satu alasan terjadinya kemacetan lalu lintas adalah hambatan samping. Hambatan samping memiliki dampak signifikan terhadap kinerja lalu lintas karena semakin tinggi hambatan samping, maka semakin besar pengaruhnya terhadap volume dan kecepatan kendaraan yang melewati jalan tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis penurunan kinerja lalu lintas Jalan Sarapung di Depan SD Negeri 6 Manado, menganalisis dampak signifikan hambatan samping terhadap kinerja lalu lintas, dan menganalisis kinerja ruas jalan pada kondisi eksisting dan skenario tanpa hambatan samping. Data yang dikumpulkan dari survei mencakup data volume lalu lintas, data hambatan samping dan data kecepatan kendaraan. Analisa data menggunakan metodologi PKJI 2014 dengan menerapkan model Greenshield, Greenberg dan Underwood kemudian disimulasikan menggunakan PTV Vissim. Survei dilakukan selama tiga hari yakni pada hari Sabtu, 15 April 2023, Senin, 17 April 2023 dan Selasa, 18 April 2023 pada pukul 06.00 – 19.00 WITA dengan interval waktu 15 menit. Berdasarkan analisis, volume lalu lintas (Q) tertinggi terjadi pada Senin, 17 April 2023 pada periode waktu 11.00 – 12.00 WITA yakni mencapai 1205.9 skr/jam, kapasitas jalan (C) sebesar 1470,64 skr/jam sehingga menghasilkan derajat kejenuhan (DJ) sebesar 0,819985 dan Tingkat Pelayanan (LOS) D, yang menunjukkan kondisi lalu lintas tidak stabil. Akibat adanya hambatan samping kapasitas jalan Sarapung di depan SD Negeri 6 Manado adalah sebesar 67% yang berarti mengalami penurunan 33% dari kapasitas optimalnya, yaitu 100%, sehingga menyebabkan kemacetan lalu lintas terutama pada saat jam arus lalu lintas tinggi
Downloads
Copyright (c) 2024 Semuel Y. R. Rompis, Lucia I. R. Lefrandt, Diana G. I. Momuat
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.