Pengaruh Net Interest Margin (Nim), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), Terhadap Return on Assets (ROA) Pada PT Bank Maybank Indonesia TBK Periode Tahun 2010-2023

  • Santi Susila Nengsih Universitas Indonesia Membangun
  • Palupi Permata Rahmi Universitas Indonesia Membangun
  • Surachman Surjaatmadja Universitas Pertahanan Republik Indonesia
  • Yoyo Sudaryo Universitas Indonesia Membangun
  • Diah Febriyanti Universitas Indonesia Membangun
Keywords: Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR), Return On Assets (ROA)

Abstract

Bank merupakan salah satu lembaga penting dan berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi suatu bangsa. Sebagai perusahaan, perbankan dituntut untuk menjaga profitabilitas yang stabil agar investor tertarik untuk berinvestasi. Dalam menilai profitabilitas, Bank Indonesia lebih menekankan pada besaran Return On Assets (ROA), karena Bank Indonesia sebagai pengawas dan pengawas perbankan memprioritaskan nilai profitabilitas bank yang diukur dengan aset di mana sebagian besar dana berasal dari masyarakat. Tabungan. . ROA berfungsi untuk mengukur efektivitas perusahaan dalam menghasilkan keuntungan dengan memanfaatkan aset yang dimilikinya. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Net Interest Margin (NIM), Biaya Operasional, Pendapatan Operasional (BOPO), Loan to Deposit Ratio (LDR) terhadap Return On Assets (ROA). Contoh penelitian ini adalah PT. Bank Maybank Indonesia Tbk menggunakan data laporan keuangan tahunan PT. Bank Maybank Indonesia Tbk selama 2010-2023. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan verifikasi deskriptif, sumber data yang digunakan adalah data sekunder dengan pengumpulan data dokumentasi berupa laporan keuangan tahunan dan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi ganda, analisis korelasi, analisis koefisien penentuan, dan pengujian hipotesis baik sebagian maupun bersamaan dengan bantuan program SPSS sebagai pengolahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) NIM memiliki efek negatif dan signifikan terhadap ROA. (2) BOPO memiliki efek negatif dan signifikan terhadap ROA. (3) LDR memiliki efek positif dan signifikan terhadap ROA. Nilai koefisien penentuan pada penelitian ini adalah 0,907. Hal ini menunjukkan bahwa NIM, BOPO, dan LDR secara bersamaan mempengaruhi ROA sebesar 90,7%, sedangkan 9,3% dipengaruhi oleh faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-14
Section
Articles