Karakter Nilai Preferensi Pengunjung Gen-Y pada Fasilitas Publik Museum, Studi Kasus: Museum Kereta Api Bondowoso

  • Haidar Rozaan Darmawan Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Susy Budi Astuti Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  • Prasetyo Wahyudie Institut Teknologi Sepuluh Nopember
Keywords: Generasi Y, Pengalaman, Preferensi, Museum

Abstract

Generasi Y, lahir antara tahun 1981 hingga 1995, memiliki karakter berwawasan teknologi tinggi karena tumbuh di era teknologi. Fleksibilitas dan impulsivitas Gen Y muncul dari banyaknya alternatif pilihan yang dimiliki. Karakteristik ini tercermin antara lain dalam preferensi rekreasi mereka, yang memprioritaskan pengalaman praktis dan kontribusi aktif. Museum Kereta Api Bondowoso yang menawarkan pengalaman imersif perlu dinilai tingkat kesesuaiannya dengan preferensi yang dimiliki oleh pengunjung Gen Y. Penelitian ini bertujuan mengukur sejauh mana Museum Kereta Api Bondowoso memenuhi ekspektasi ini dengan membandingkan preferensi pengunjung Gen Y menurut literatur dengan fasilitas dan aktivitas saat ini yang disediakan oleh museum. Penelitian ini membuktikan bahwa preferensi Gen Y terhadap kunjungan museum tidak hanya didorong oleh faktor rekreasi, tetapi juga kemudahan akses informasi dan relevansi pengetahuan yang disampaikan di era kemajuan teknologi yang merupakan bagian dari preferensi pengunjung Gen Y

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-19
Section
Articles