Efektivitas Penerapan Metode Guided Note Taking terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak
Abstract
Pengetahuan akidah akhlak yang bersifat kognitif menjadi bermakna dan dapat
diinternalisasikan serta diaplikasikan kedalam perilaku sehari -hari jika diterapkan
adalah model guided note taking. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen
semu, peneliti tidak mempunyai keleluasaan untuk memanipulasi subjek, artinya
random kelompok biasanya diapakai sebagai dasar untuk menetapkan sebagai
kelompok perlakuan dan control. Hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa
sebelum penerapan model guided note taking memiliki nilai minimum pretest
sebesar 60, maksimum 76, dengan rerata 70,04 dan standar deviasi 3.05. Prestasi
siswa setelah penerapan model guided note taking minimum pretest sebesar 72,
maksimum 78, dengan rerata 74,78 dan standar deviasi 1.41. Nilai sig (2
tailed)<0,05. Data ini dapat dimaknai nilai p value sebesar 0,000 di mana < 0,05.
Karena < 0,05 maka perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada
probabilitas 0,05. Artinya ada kenaikan prestasi belajar aqidah akhlak siswa,
sebelum dan sesudah dilakukan eksperimen dengan metode guided note taking.
Downloads
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.