Efektivitas Penerapan Metode Guided Note Taking terhadap Prestasi Belajar Aqidah Akhlak

  • Siswanto Siswanto

Abstract

Pengetahuan akidah akhlak yang bersifat kognitif menjadi bermakna dan dapat
diinternalisasikan serta diaplikasikan kedalam perilaku sehari -hari jika diterapkan
adalah model guided note taking. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen
semu, peneliti tidak mempunyai keleluasaan untuk memanipulasi subjek, artinya
random kelompok biasanya diapakai sebagai dasar untuk menetapkan sebagai
kelompok perlakuan dan control. Hasil penelitian menunjukkan prestasi siswa
sebelum penerapan model guided note taking memiliki nilai minimum pretest
sebesar 60, maksimum 76, dengan rerata 70,04 dan standar deviasi 3.05. Prestasi
siswa setelah penerapan model guided note taking minimum pretest sebesar 72,
maksimum 78, dengan rerata 74,78 dan standar deviasi 1.41. Nilai sig (2
tailed)<0,05. Data ini dapat dimaknai nilai p value sebesar 0,000 di mana < 0,05.
Karena < 0,05 maka perbedaan bermakna secara statistik atau signifikan pada
probabilitas 0,05. Artinya ada kenaikan prestasi belajar aqidah akhlak siswa,
sebelum dan sesudah dilakukan eksperimen dengan metode guided note taking.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-23
Section
Articles