Pengaruh E-Service Quality, Citra Merek dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee Studi Kasus pada Skintific Official Store di Wilayah Cimahi Selatan
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelanggan shopee yang melakukan pembelian di laman toko skintific official store namun kurang puas dengan kinerja aplikasi e-commerce shopee saat diakses Selain daripada itu e-commerce shopee juga sering dikeluhkan karena program promosi yang tidak berjalan efektif saat digunakan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-service quality, citra merek dan promosi penjualan terhadap kepuasan pelangggan skintific official store pada e-commerce shopee di wilayah Cimahi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan unit analisis berupa individu. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 150 responden. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan Statistic Program for Social Science (SPSS) versi 26. Analisis deskriptif dan analisis verifikatif merupakan metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini. Hasil analisis deskriptif menyatakan bahwa e-service quality, citra merek, promosi penjualan dan kepuasan pelanggan e-commerce shopee pada skintific official store dapat dikategorikan baik. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa e-service quality, citra merek dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan e-commerce shopee pada skintific official store baik secara parsial maupun simultan
Downloads
Copyright (c) 2024 Hanifah Luthfiana, Nur Gilang Saputro
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.