Pengaruh E-Service Quality, Citra Merek dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan E-Commerce Shopee Studi Kasus pada Skintific Official Store di Wilayah Cimahi Selatan

  • Hanifah Luthfiana Universitas Widyatama
  • Nur Gilang Saputro Universitas Widyatama
Keywords: E-service quality, Citra Merek, Promosi Penjualan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelanggan shopee yang melakukan pembelian di laman toko skintific official store namun kurang puas dengan kinerja aplikasi e-commerce shopee saat diakses Selain daripada itu e-commerce shopee juga sering dikeluhkan karena program promosi yang tidak berjalan efektif saat digunakan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh e-service quality, citra merek dan promosi penjualan terhadap kepuasan pelangggan skintific official store pada e-commerce shopee di wilayah Cimahi Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan unit analisis berupa individu. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner kepada 150 responden. Pengolahan data dilakukan dengan bantuan Statistic Program for Social Science (SPSS) versi 26. Analisis deskriptif dan analisis verifikatif merupakan metode analisis yang dilakukan dalam penelitian ini. Hasil analisis deskriptif menyatakan bahwa e-service quality, citra merek, promosi penjualan dan kepuasan pelanggan e-commerce shopee pada skintific official store  dapat dikategorikan baik. Hasil pengujian hipotesis menyatakan bahwa e-service quality, citra merek dan promosi penjualan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan e-commerce shopee pada skintific official store baik secara parsial maupun simultan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-08-10
Section
Articles