Konsep Digital Content Marketing dengan Pendekatan Personal Customer Experience Pada Akun Instagram Rabbitholeid
Abstract
Di tengah meningkatnya skeptisisme terhadap periklanan konvensional di kalangan konsumen, merek memerlukan alternatif yang sangat efektif dibandingkan komunikasi pemasaran tradisional. Mengingat kondisi ini, pemasaran konten digital (DCM) menjadi lebih menonjol secara global dan semakin menjadi komponen penting dalam strategi pemasaran perusahaan, yang berfungsi sebagai pelengkap alat pemasaran konvensional. Pemasaran konten digital mengacu pada proses bisnis menciptakan dan mendistribusikan informasi yang berguna, relevan, dan menarik kepada konsumen sasaran mereka melalui saluran digital. Penelitian ini ingin melihat wacana atau isi dari konten digital Rabbithole.id untuk menganalisis melalui pendekatan kualitatif bagaimana konsep marketing melalui pendekatan pengalaman personal pelanggan yang hingga kini masih sedikit menarik perhatian peneliti komunikasi dan marketing. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran konten digital memainkan peranan penting dalam menarik pelanggan, seperti yang ditunjukkan oleh kreasi Rabbithole.id tentang materi konten yang berdampak secara emosional dan menonjolkan kebijaksanaan, pemilihan warna yang baik, fakta, serta kalimat positif. Selain itu, diharapkan seseorang akan menanggapi setiap komentar, dan likes serta menambah jumlah followers Instagram. Hasilnya juga menunjukkan bahwa menilai keberhasilan pemasaran konten digital secara konsisten dan menggunakan data yang diperoleh untuk meningkatkan penawaran konten memiliki dampak menguntungkan pada kemanjuran pemasaran konten. Temuan yang disajikan dalam penelitian ini memiliki potensi untuk membuat kemajuan teoritis yang signifikan dalam bidang riset pemasaran konten dan meningkatkan kemampuan praktisi untuk mengoptimalkan desain dan pelaksanaan upaya pemasaran konten digital
Downloads
Copyright (c) 2024 Sartika Ekadyasa, Ressa Uli Patrissia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.