Analisis Promosi Pariwisata dan Budaya Masyarakat Lokal dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara

  • Sartika Sartika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari
  • Bakhtiar Abbas Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari
  • Nofal Supriaddin
  • Muh Nur Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari
  • Rince Tambunan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari
Keywords: Promosi Pariwisata, Budaya Masyarakat Lokal, ,Kunjungan Wisatawan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untukmengetahuidanmenganalisis (1) Promosi pariwisata dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Baubau; (2) Program Budaya masyarakat lokal di Kota Baubau dalam meningkatkan kunjungan wisatawan; dan (3) Dampak kunjungan wisatawan di Kota Baubau. Adapun informan dalam penelitian ini sebanyak lima orang.  Adapun alat analisis yang digunakan yaitu Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman, yang membagi langkah-langkah dalam kegiatan analisis data dengan beberapa bagian yaitu pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclutions).  Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Promosi pariwisata menggunakan advertising, sales promotion, personal selling, dan personal selling dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Baubau; (2) Budaya masyarakat lokal yang dinilai dari  alat-alat teknologi, sistem ekonomi, sistem keluarga, dan sistem kekuasaan politik dapat meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Baubau; dan (3) Kunjungan wisatawan yang dinilai dari  peningkatan kedatangan  pengunjung asing dan domestic, peningkatan pendapatan devisa dari sektor pariwisata, perluasan lapangan pekerjaan, peningkatan kontribusi sektor pariwisata terhadap PDB/PDRB dan peningkatan  daya saing pariwisata di Kota Baubau berdampak baik untuk masyarakat Kota Baubau

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-16
Section
Articles