Penerapan Model Pailkem Dan Teknik Teratai Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Naskah Drama Pada Siswa Kelas XI Sosial IV SMA YPPK Taruna Bakti Waena.
Abstract
Pembelajaran bahasa dikenal adanya empat komponen keterampilan berbahasa, yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat komponen ini memiliki saling keterkaitan antara satu dan lainnya dan tidak dapat dipisahkan. Kemampuan menulis memberikan makna yang penting untuk berkomunikasi secara tidak langsung dalam kehidupan sehari-hari. Untuk meningkatkan kemampuan menulis, dalam penelitan ini digunakan tenik Teratai dengan model Pailkem. Melihat kemampuan menulis siswa kelas XI Sosial 4 SMA YPPK Taruna Bakti masih tergolong rendah, maka penelitian ini sangat perlu untuk dilakukan. Permasalahan yang terungkap adalah siswa belum berani tampil mengeluarkan ide-ide yang dimilikinya dalam menulis naskah drama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi tiga siklus. Tiap siklus dilakukan secara bertahap yang terdiri dari empat tahap yaitu, (1) perencanaan, (2) tindakan, pengamatan (observasi) dan, (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Sosial IV SMA YPPK Taruna Bakti. Data penelitian diambil dengan tes dan nontes. Pengambilan data melalui tes yaitu paktek menulis naskah drama, sedangkan pengambilan data melalui nontesĀ berupa lembar observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian, pembelajaran kemampuan menulis siswa menggunakan teknik Teratai dan Pailkem, mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan hasil belajar siswa pada penelitian awal prasiklus yang hanya mencapai 66,12%. Pada siklus I peningkatan kemampuan menulis siswa mencapai 71,70%, dan siklus II tingkat kemampuan menulis naskah drama 81, 03%. Dengan demikian, dapat disimpulkan tingkat kemampuan menlis naskah drama siswa mengalami peningkatan setelah menggunakan teknik Teratai dan model Pailkem
Downloads
Copyright (c) 2024 Putri Ayu Marshinta Wulandari, Juli Yani, Ismail Marzuki
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.