Hubungan Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Kinerja Belajar Siswa Studi Kasus di SMK Putra Pertiwi, Tangerang Selatan, Banten.
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara motivasi siswa dan kinerja guru dengan kinerja belajar siswa dalam mata pelajaran adaptif dan produktif. Sebagai responden sebanyak 34 guru SMK Putra Pertiwi, Tangerang Selatan, Banten. Data dikumpul menggunakan tiga set angket tertutup. Hasil analisis data menunjukkan motivasi belajar siswa dalam kategori cukup, kinerja guru termasuk kategori tinggi dan kinerja belajar siswa dalam kategori tinggi, Juga diperoleh korelasi antara motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi korelasi kinerja guru dengan kinerja belajar siswa termasuk kategori tinggi. Disimpulkan, siswa dan guru merupakan pemeran utama dalam meningkatkan kinerja belajar siswa. Disarankan kepala sekolah dan pengawas sekolah secara rutin melaksanakan supervisi kelas agar guru selalu meningkatkan kinerja mengajarnya. Sekolah disarankan agar guru mengintensifkan pendampingan belajardan sekolah meningkatkan kunjungan industri dan praktek kerja industri sebagai bentuk motivasi ekstrinsik bagi siswa
Downloads
Copyright (c) 2024 Indrawati Indrawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.