Hubungan Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Siswa Dengan Kinerja Belajar Siswa Studi Kasus di SMK Putra Pertiwi, Tangerang Selatan, Banten.

  • Indrawati Indrawati Universitas Langlangbuana
Keywords: Motivasi Belajar, Kinerja Guru, Kinerja Belajar

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan antara motivasi siswa dan kinerja guru dengan kinerja belajar siswa dalam mata pelajaran adaptif dan produktif. Sebagai responden sebanyak 34 guru SMK Putra Pertiwi, Tangerang Selatan, Banten. Data dikumpul menggunakan tiga set angket tertutup. Hasil analisis data menunjukkan motivasi belajar siswa dalam kategori cukup, kinerja guru termasuk kategori tinggi dan kinerja belajar siswa dalam kategori tinggi, Juga diperoleh korelasi antara motivasi belajar siswa dalam kategori tinggi korelasi kinerja guru dengan kinerja belajar siswa termasuk kategori tinggi. Disimpulkan, siswa dan guru merupakan pemeran utama dalam meningkatkan kinerja belajar siswa.  Disarankan kepala sekolah dan pengawas sekolah secara rutin melaksanakan supervisi kelas agar guru selalu meningkatkan kinerja mengajarnya. Sekolah disarankan agar guru mengintensifkan pendampingan belajardan sekolah meningkatkan kunjungan industri dan praktek kerja industri sebagai bentuk motivasi ekstrinsik bagi siswa

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-10
Section
Articles