Pembelajaran Daring dan Gangguan Kecemasan pada Siswa SMA di Masa Pandemi COVID-19: Tinjauan Literatur

  • Nendy Anora Nilantini Universitas Indonesia
  • Dien Anshari Universitas Indonesia
Keywords: Kecemasan, Pandemi, Pembelajaran Daring, Siswa, SMA

Abstract

Di masa pandemi COVID-19, pemerintah memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan jaringan internet. Banyak studi yang telah melaporkan gangguan kecemasan yang berkaitan dengan pelaksanaan sistem PJJ ini pada pelajar sekolah mengah atas (SMA), tetapi belum ada studi yang merangkum faktor-faktor yang berkaitan dengan gangguan kecemasan selama PJJ berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis studi-studi mengenai gangguan kecemasan selama PJJ pada pelajar SMA di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan disain tinjauan literatur dengan mencari studi primer melalui database jurnal yang meliputi: PubMed, ScienceDirect, Google Scholar dan Garuda. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah artikel makalah lengkap dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang melaporkan studi primer mengenai gangguan kecemasan selama PJJ pada populasi SMA, sementara kriteria eksklusinya adalah studi dengan metode penelitian literature review, systematic review dan meta-analisis. Artikel yang memenuhi kriteria selanjutnya ditelaah berdasarkan metode penelitian dan variabel dependen serta independen yang dianalisis serta hasil analisisnya. Metode analisis menggunakan tinjauan naratif dengan mengumpulkan, meringkas, menggabungkan, mengorganisir dan membandingkan bukti-bukti yang telah dikumpulkan dari studi-studi yang diteliti. Dari 11 artikel yang memenuhi kriteria dalam studi ini ditemukan 10 studi yang menggunakan disain potong lintang dan hanya 1 yang memakai disain pre- dan post-test. Semua studi mengambil data dengan menggunakan survey daring yang tautannya dikirim ke siswa SMA. Adapun pengukuran gangguan kecemasan menggunakan the Generalized Anxiety Disorder-7 Scale (GAD-7), State and Trait Anxiety Inventory (STAI) dan Kuesioner Post Pandemi School Anxiety. Dari 11 artikel yang dianalisa ditemukan kecemasan selama PJJ dapat disebabkan oleh usia, jenis kelamin, keterbatasan akses internet, faktor finansial, tantangan akademik seperti kemampuan siswa dalam mengerti dan memahami pembelajaran yang diajarkan oleh guru.  Kecemasan selama PJJ terutama disebabkan oleh akses internet yang belum merata dan biaya penggunaan akses internet. Selain itu, kecemasan juga lebih rentan dialami oleh wanita, serta kelompok usia yang lebih muda. Kebijakan sekolah PJJ sebaiknya diterapkan dengan mengantisipasi gangguan kecemasan dan faktor-faktor yang berkaitan dengannya

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-09
Section
Articles