Pembelajaran Daring dan Gangguan Kecemasan pada Siswa SMA di Masa Pandemi COVID-19: Tinjauan Literatur
Abstract
Di masa pandemi COVID-19, pemerintah memberlakukan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) dengan menggunakan jaringan internet. Banyak studi yang telah melaporkan gangguan kecemasan yang berkaitan dengan pelaksanaan sistem PJJ ini pada pelajar sekolah mengah atas (SMA), tetapi belum ada studi yang merangkum faktor-faktor yang berkaitan dengan gangguan kecemasan selama PJJ berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis studi-studi mengenai gangguan kecemasan selama PJJ pada pelajar SMA di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan disain tinjauan literatur dengan mencari studi primer melalui database jurnal yang meliputi: PubMed, ScienceDirect, Google Scholar dan Garuda. Kriteria inklusi pada penelitian ini adalah artikel makalah lengkap dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris yang melaporkan studi primer mengenai gangguan kecemasan selama PJJ pada populasi SMA, sementara kriteria eksklusinya adalah studi dengan metode penelitian literature review, systematic review dan meta-analisis. Artikel yang memenuhi kriteria selanjutnya ditelaah berdasarkan metode penelitian dan variabel dependen serta independen yang dianalisis serta hasil analisisnya. Metode analisis menggunakan tinjauan naratif dengan mengumpulkan, meringkas, menggabungkan, mengorganisir dan membandingkan bukti-bukti yang telah dikumpulkan dari studi-studi yang diteliti. Dari 11 artikel yang memenuhi kriteria dalam studi ini ditemukan 10 studi yang menggunakan disain potong lintang dan hanya 1 yang memakai disain pre- dan post-test. Semua studi mengambil data dengan menggunakan survey daring yang tautannya dikirim ke siswa SMA. Adapun pengukuran gangguan kecemasan menggunakan the Generalized Anxiety Disorder-7 Scale (GAD-7), State and Trait Anxiety Inventory (STAI) dan Kuesioner Post Pandemi School Anxiety. Dari 11 artikel yang dianalisa ditemukan kecemasan selama PJJ dapat disebabkan oleh usia, jenis kelamin, keterbatasan akses internet, faktor finansial, tantangan akademik seperti kemampuan siswa dalam mengerti dan memahami pembelajaran yang diajarkan oleh guru. Kecemasan selama PJJ terutama disebabkan oleh akses internet yang belum merata dan biaya penggunaan akses internet. Selain itu, kecemasan juga lebih rentan dialami oleh wanita, serta kelompok usia yang lebih muda. Kebijakan sekolah PJJ sebaiknya diterapkan dengan mengantisipasi gangguan kecemasan dan faktor-faktor yang berkaitan dengannya
Downloads
Copyright (c) 2024 Nendy Anora Nilantini, Dien Anshari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.