Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Pada Pelatihan Pengenalan Produk BBM dan LPG
Abstract
Media pembelajaran digital dengan menggunakan video yang berbasis animasi dapat membantu peserta pelatihan untuk memahami materi pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahapan analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi, dan penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling, dan jumlah sampel sebanyak 50 peserta. Data yang diperoleh dalam pengembangan media video animasi ini diperoleh dengan cara validasi materi dan media, serta melihat respon peserta terhadap media yang dikembangkan dengan menggunakan angket respon peserta, metode skala dengan modifikasi likert. Hasil validasi ahli berada pada kategori Sangat Valid dan mendapat respon sangat layak dari peserta dan dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran video animasi yang dikembangkan sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran
Downloads
Copyright (c) 2024 Eva Khuzaifah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.