Analisis Pengaruh Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan dan Kemudahan Terhadap Kepuasan Pengguna Pada Aplikasi Ngampooz
Abstract
Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini kemajuan teknologi begitu pesat sehingga mendistraksi semua elemen masyarakat untuk membuat ide dan hal baru agar mempermudah setiap kegiatannya. Edutech (Education Technology) telah menjadi salah satu tren yang sangat signifikan dalam sektor pendidikan di era digital saat ini. Edutech ini mengacu pada pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam konteks pendidikan. PT.Ngampooz Pintar Sejahtera merupakan salah satu perusahaan yang memanfaatkan variabel Kualitas Sistem. Semenjak didirikan pada tahun 2018 perusahaan yang biasa disebut Ngampooz ini terus melakukan inovasi untuk selalu berkembang sesuai dengan kebutuhan penggunanya agar selalu mempermudah kegiatan yang dilakukan menggunakan aplikasi tersebut. Namun penerapan teknologi informasi yang dilakukan oleh Ngampooz tidak selalu berjalan dengan baik. Terkadang penerapan teknologi yang kurang tepat mempengaruhi kualitas layanan dan kualitas informasi yang Ngampooz berikan kepada pengguna. Beberapa permasalahan yang sering terjadi adalah masih sering ditemukannya sistem error ketika pengguna menggunakan Ngampooz, informasi yang diberikan kurang informatif atau sistem yang kurang responsif ketika memasuki momen dimana Ngampooz banyak yang menggunakan. Untuk tetap mempertahankan kepuasan pengguna, tim manajerial dari ngampooz harus tetap meningkatkan kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas pelayanan dan kemudahan, karena dengan sistem yang handal, informasi yang relevan, dan pelayanan yang memudahkan pengguna sangat berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Kualitas Sitem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan dan Kemudahan terhadap Kepuasan pengguna Ngampooz, dan juga untuk mengetahui komponen apa yang kualitasnya sudah memenuhi standarisasi pengguna, dan juga hal apa yang perlu ditingkatkan pada aplikasi Ngampooz . Metodepenelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan program Statistical Product and Service Solutions (SPSS) versi 26.0. Diharapkan penelitian ini dapat mengetahui bahwa variabel Kualitas Sistem, Kualitas Informasi, Kualitas Layanan dan kemudahan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna.
Downloads
Copyright (c) 2024 Yira Tri Pebriyandeski, Yunus Aprianus, Lyco Pratama, Febri Gilang Ramadan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International. that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.