Dampak Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Peningkatan Kompetensi Guru Terhadap Budaya Mutu Sekolah pada PAUD Inklusi di Kabupaten Banyuwangi

  • Any Diana Vitasari Universitas Bakti Indonesia
  • Ofri Somanedo Universitas Negeri Yogyakarta
  • Irfo Somanedo Universitas Terbuka
Keywords: kepala sekolah, kompetensi guru, budaya mutu sekolah

Abstract

Mutu pembelajaran selain tergantung pada mutu siswa dan mutu guru, juga tergantung pada tujuh dimensi lainnya, yakni kurikulum, kepemimpinan, manajemen, sarana-prasarana, masyarakat, lingkungan, dan dimensi budaya. Dan dalam proses pembelajaran aktivitas utama siswa adalah belajar dan aktivitas utama guru adalah mengajar, sehingga dimensi belajar dan mengajar menjadi fokus utama dalam Penjaminan Mutu Sekolah. Tujuan penelitian ini agar mutu Pendidikan dapat memenuhi standar pemerintah. Dan sebagai pemimpin merupakan hal yang dapat mempengaruhi orang lain. Konsekuensi metode penelitian ini memerlukan operasionalisasi variabel-variabel yang dapat diukur secara kuantitatif sedemikian rupa untuk dapat digunakan model uji hipotesis dengan metode statistika. Hasil ini diperkuat dengan analisis kualitatif bahwa berdasarkan semua analisis yang telah dilakukan menjukkan bahwasanya variabel kepemimpinan, Peningkatan Kompetensi dan Budaya Mutu diimplementasikan di Lembaga PAUD tempat penelitian ini dilakukan, namun dari tiga variabel tersebut yang berpengaruh secara signifikan adalah variabel kepemimpinan kepala sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-07
Section
Articles