Strategi Public Relations UMKM dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Batik Bulan Pekalongan Melalui Sosial Media

  • Alexander Wibisono Hadinata Universitas Kristen Satya Wacana
  • Lina Sinatra Wijaya Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Public Relations, Media Sosial, Kemitraan Strategis, Customer Relationship Management

Abstract

Peningkatan minat dan keterampilan wirausaha di kalangan mahasiswa menjadi focus utama dalam memajukan ekonomi dan menciptakan lapangan kerja di Indonesia. Program Wirausaha Merdeka telah menjadi inisiatif utama dalam mendukung pembentukan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak Program Wirausaha Merdeka terhadap pembentukan kompetensi wirausaha pada mahasiswa, dengan studi kasus kegiatan Wirausaha Merdeka yang diselenggarakan di Universitas Padjadjaran. Metode penelitian kualitatif digunakan, melibatkan wawancara mendalam dengan beberapa mahasiswa yang aktif terlibat dalam Program Wirausaha Merdeka di Universitas Padjadjaran. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan pendekatan  tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Wirausaha Merdeka berperan penting dalam pembentukan kompetensi wirausaha pada mahasiswa. Melalui program ini, mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan wirausaha, seperti pemahaman pasar, dan keterampilan interpersonal. Mereka juga mengalami peningkatan dalam sikap proaktif, kreativitas, dan keberanian menghadapi risiko. Selain itu, partisipasi dalam program ini juga meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi mahasiswa untuk mengejar karier wirausaha. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Program Wirausaha Merdeka memiliki dampak positif dalam pembentukan kompetensi wirausaha pada mahasiswa Universitas Padjadjaran. Rekomendasi diberikan untuk meningkatkan aksesibilitas program ini, meningkatkan kerjasama dengan industri, serta meningkatkan dukungan dan pembinaan bagi mahasiswa yang tertarik untuk menjadi wirausaha

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-19
Section
Articles